Welcome to My Blog!



Sabtu, 15 Februari 2014

PART 3 - Magnet & Listrik

"Kirito-kun! Eh, ada Syarif. Tumben kamu login jam segini."

"Iya, Asuna-san. Gw minta bantuan Kirito untuk beresin tugas sekolah gw."

"Hah? Gimana bisa kamu..."

"Dia punya program untuk mengetik dan menyimpan dokumen di SAO."

"Iya. Salah satu developer ngasih app ini ke gw. Mungkin aja ada manfaatnya."

"Baguslah kalau begitu. Kirito-kun, Bagaimana rencana pestanya? Kita bicarain di rumah saya aja. Kamu juga boleh ikut, koq!"

"Oh! Makasih, Asuna-san! Sambil jalan, loe jelasin materi selanjutnya, Kirito!"

"OK, jika loe serius!"



MAGNET & LISTRIK


Lebih dari 2000 tahun yang lalu, orang Yunani  yang hidup di Magnesia menemukan batu yang istimewa. Batu tersebut dapat menarik benda-benda yang mengandung logam. Ketika batu itu digantung sehingga dapat berputar, salah satu ujungnya selalu menunjuk arah utara. Karena batu itu ditemukan di Magnesia, orang Yunani menamainya magnetit.

Kutub-Kutub Magnet

Setiap magnet memiliki dua tempat yang gaya magnetnya paling kuat. Daerah ini disebut kutub magnet. Ada 2 kutub magnet, yaitu kutub utara (U) atau north dan kutub selatan (S)
atau south.
Kutub-kutub magnet selalu berpasangan yaitu kutub utara dan kutub selatan. Jika dua buah magnet saling didekatkan, magnet pertama akan mengerjakan gaya pada magnet kedua, dan magnet kedua mengerjakan gaya kepada magnet pertama. Gaya magnet, seperti halnya gaya listrik, berupa tarikan dan tolakan. Jika dua kutub utara didekatkan, maka keduanya tolak-menolak. Dua kutub selatan juga saling menolak. Namun, jika kutub selatan didekatkan pada kutub utara, maka kedua kutub ini akan tarik-menarik. Sehingga kita dapat membuat aturan untuk kutub magnet: kutub senama tolak-menolak, dan kutub tak senama tarik-menarik.

"Jadi, kalau kutub magnet selatan dengan kutub magnet selatan didekatkan, maka akan saling tolak-menolak, begitupun dengan utara. Tapi kalau kutub selatan dan kutub utara dari magnet didekatkan, maka saling tarik-menarik."

"Sama kayak manusia, dong!"

"Kenapa?"

"Kalau sesama jenis suka saling menjauh, dikira homo. Kan kalau beda jenis, tapi suka sama suka, pasti lengket, kan?"

"Ah, kamu ini bisa aja!"


Bentuk & Medan Magnet

Magnet dapat berada dalam  berbagai bentuk dan ukuran. Bentuk yang paling sederhana berupa  batang lurus. Bentuk lain yang sering di  jumpai misalnya  bentuk tapal kuda (ladam), jarum, keeping, selinder dan U.
Medan magnet adalah daerah di sekitar magnet yang masih bekerja gaya magnet, digambarkan oleh garis gaya magnet yang menyebar dari kutub-kutub magnet. Garis gaya magnet membentuk lintasan tertutup dari kutub utara ke kutub selatan. Jadi, medan magnet adalah daerah di sekitar magnet yang masih bekerja gaya magnet, digambarkan oleh garis gaya magnet yang menyebar dari kutub-kutub magnet.

Kemagnetan Bumi

Ilmuwan Inggris yang bernama William Gilbert pada tahun 1600 mengajukan gagasan bahwa bumi bersifat magnet. Ia memperkirakan kutub-kutub magnet bumi dapat dicari dan ditemukan. Pendapat Gilbert ternyata benar. Pada saat ini ilmuwan telah mengetahui bahwa bumi memiliki magnet batang raksasa yang terkubur di dalamnya. Bumi mengerjakan gaya magnet serta terdapat medan magnet di sekitar bumi. Medan magnet bumi yang terkuat terletak di daerah kutub-kutub magnet bumi. Asal mula medan magnet bumi ini belum sepenuhnya dipahami. Medan magnet bumi diperkirakan berasal dari gerakan inti bumi (banyak mengandung nikel dan besi). Arah medan magnet bumi ternyata tidak tetap. Ilmuwan mempelajari arah medan magnet bumi di masa lalu dengan menganalisis rekaman medan magnet pada mineral magnetik dalam lapisan-lapisan batuan bumi. Pada saat batuan magnetik masih berwujud magma, magnet-magnet elementernya disearahkan oleh medan magnet bumi. Ketika batuan itu membeku, arah medan magnetnya tidak berubah, hingga saat ini. Pola kemagnetan pada lapisan batuan menunjukkan bahwa medan magnet bumi telah berputar beberapa kali, satu kali putaran setiap 1/2 juta tahun.
Binatang-binatang tertentu, seperti merpati memanfaatkan medan magnet bumi sebagai navigasinya sehingga dapat kembali ke sarang atau kandangnya setelah dilepas dari tempat yang jauh. Migrasi musiman kelompok burung tertentu dari satu tempat ke tempat lain juga memanfaatkan jalur-jalur medan magnet bumi.

"Oh! Gw baru tahu kalau burung bermigrasi mengandalkan magnet bumi ini."

"Saya juga baru tahu."

Listrik Dinamis

Rangkaian listrik di rumah terdiri atas:
1. Sakelar: berfungsi untuk memutus atau mengalirkan arus listrik
2. Sumber listrik atau pembangkit arus listrik: misalnya aki, generator, baterai, dynamo.
3. Kabel penghantar: berfungsi untuk  penghantar dari  sumber arus listrik ke beban
4. Beban: alat yang memanfaatkan arus listrik, misalnya lampu, TV, computer.
5. Sekring: alat pengaman, kawat akan putus bila melebihi spesifikasi.
 
"Coba loe bayangin. Gimana kalau listrik di rumah gk ada sekring?"
 
"Kalo di rumah itu melebihi daya listrik yang ditetapkan, bisa menimbulkan arus pendek listrik atau biasa disebut Konslet, dan bisa memicu kebakaran di rumah tersebut."
 
"Wah! Tumben kamu pintar."
 
"Siapa lagi dong?"
 
Hukum Ohm dan Kirchoff
 
Ohm
1. Hambatan kawat 1 ohm, ialah beda potensial 1 volt, menghasilkan arus 1 ampere (1 ohm = 1 volt/ampere )
2. Menghitung Hambatan: R = V/I
3. Menghitung Kuat Arus: I= V/R
4. Menghitung Tegangan: V = I X R
5. Menghitung Hambatan Jenis: R = ρ l/A

Kirchoff
1. Hukum Kirchoff 1: kuat arus listrik dalam rangkaian tak bercabang di setiap titik besarnya sama. Persamaan: I1 = I2 = I3= … = In
2. Hukum Kirchoff 2: jumlah kuat arus yang masuk ke suatu titik cabang sama dengan jumlah kuat arus yang keluar dari titik cabang itu. Persamaan: ∑ Imasuk = ∑ Ikeluar

Ket:
R = hambatan/ resistansi (ohm)
A= luas penampang kawat (m2)
ρ = hambatan jenis (ohm.m)
V = tegangan/beda potensial (volt)                                                                                     
I =  kuat arus (ampere)
Rs= rangkaian seri
Rp= rangkaian paralel

"Kalo soal mengingat rumus, gw masih buyar."
 
"Makanya! Harus kuasai matematika terlebih dahulu!"
 
"Ngomong-ngomong, loe hari ini masak apa?"
 
"Aku juga masih bingung."
 
"Eh, Kirito, loe ngundang yang lain gk?"
 
"Paling cuma Liz sama Silica."
 
"Kalau Sugu-chan?"
 
"Dia lagi sibuk. Katanya kalo gw ketemu loe, bisa gk minggu depan loe nemenin dia untuk Dungeon di ALO?"
 
"Baik. Apapun untuk adik loe, bro!"
 

Bersambung...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar